Senin, 16 Juni 2008

Para Pemenang Sesungguhnya Selalu ada di Hati Kami

By Luqman Setiawan

Pernah dengar judul film "Cintaku di Kampus Biru ? or pernah nonton filmnya?".
Yah film melodramatis yang dibintangi oleh aktor flamboyan Rano Karno,yang kini mapan memangku jabatan Wakil Walikota Tangerang tersebut--sesuai dengan judulnya tentu mudah ditebak berlatar kehidupan dinamika mahasiswa dan kampus.Dengan alur cerita drama melankolis ala film india dalam wujud simplenya,"Cintaku di Kampus Biru" apik menghantarkan khalayak penonton menikmati sajian percintaan ala kampus yang bak negeri dongeng tak jauh dilatari seputar 3 hal; buku,pesta,dan..cinta! aha!

Potret buram mahasiswa,dengan hip hop ala "cinderella mencari 'mangsa' pangeran yang tersesat dengan 1 sepatu kaca" memang menjadi episode kerisauan tersendiri dikalangan pemikir kampus ditiap jamannya.Mahasiswa jaman pra kemerdekaan,misalnya diantaranya tampil Soekarno.Ia jeli mendobrak kesakralan mahasiswa yang (pada waktu itu) cuma bisa dikecap oleh kalangan ningrat,plus bolokurowo pamong prajanya. Soekarno muda brilian membesarkan karakteristik mahasiswa dan cendekia dijamannya menjadi alat pergerakan efektif yang menyatu dengan rakyat jelata.Pada era selanjutnya,tampil silih berganti pendobrak2 mahasiswa sesuai dengan prolematika jamannya.Diantaranya yang populer,Soe Hok Gie.
yah,Soe Hok Gie yang kritis dan reaksioner terhadap ketimpangan jamannya,"diselamatkan" oleh keabadian di puncak merapi. Sejalan dengan kepergiannya,mengantarkan "pemberontakan akal sehatnya" yang tersimpan rapi lewat buku harian untuk di akses oleh berjuta mata mahasiswa seluruh jagad.Dijaman selanjutnya,ada pemuda Nurcholis Madjid di era 70an dengan pemberontakan totalnya terhadap kemapanan tata intelektualitas anak negeri.Di era 80an bertabur bintang2 muda pendobrak kemapanan mahasiswa dan realitasnya,diantaranya..Adie Sasono muda yang mengawali babak baru revolusi pemikiran berbasis aktual ditandai dengan redefinisi konsep Ornop menjadi LSM.
Era 90an meledaknya gerakan pro Demokrasi bak cendawan di musim hujan.Pemikir2 mahasiswa dari blok kiri,kanan,tengah,sampai yang opportunis lahir susul menyusul dijaman ini mengantarkan hiruk pikuk reformasi di penghujung era.

Mungkin terlalu panjang untuk diceritakan jika kita membahas secara detail pergulatan para think thank mahasiswa di tiap jaman,bahkan bisa saja tidak relevan untuk dibahas dalam blog ini.Kembali ke "Cintaku di Kampus Biru". Terlalu banyak story yang tidak mungkin dapat kita hapuskan dalam kurun perjalanan kebersamaan menempuh titel kesarjanaan kita.Yang patut pula untuk di catat ; terlalu banyak pengorbanan terbaik dari orang orang tercinta di sekeliling kita yang menyediakan pundaknya untuk kita pijak demi tangan kita menggapai asa.Dan asa itu yang saat ini telah kita kecap hasilnya.
Untuk mereka ; orang tua, kerabat, kekasih, sahabat, karyawan kampus, bapak- ibu dosen,dan semua anda permata kehidupan kami ; yang telah mewujudkan semuanya menjadi nyata.
Untuk Anda semua blog ini kami persembahkan.
Karena anda semualah pemenang sesungguhnya dari episode kehidupan kami di kampus Universitas Brawijaya Malang.
Satu rahasia terpendam yang ingin kami sampaikan kepada anda semua.
"Para Pemenang Sesungguhnya Selalu ada di Hati Kami".
Dan itu nyata []

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Halo mas Luqman, ho r u? still remember me? one of 99ers yang sering tampil di FAPERTA (bukan PERMASETA lho), hehe...soalnya dulu aku ga boleh jadi pengurus karena ga ikut ospek fakultas :( dan ampe sekarang aku masih sebel dengan aturan itu, karena menghambat kreatifitas mahasiswa. hehe...koq jadi curhat.

anyway, aku dapat info dari mas siswanto bout this blog, n i think it so great mas, bagus banget!!! apalagi klo semuanya pada aktif sharing disini dalam berbagai hal, bahkan mungkin melalui web ini kita bisa bikin usaha bareng2, tapi sayangnya koq cuma buat angkt 96 aja sih mas? mbo ya dibikin agak lebih luas, dari angkatan 96 -99 gitu loohh....hehehe.... btw gimana caranya bisa share di blog ini ya mas?

Luqman Setiawan mengatakan...

Alhamdulillah mbk Fida..yang SEA 99? yang suka nge-gang ma Wayan?yang "Sephia" itu khan? he..he..he..
Meski Fida gak banyak tampil di PERMASETA,toh dengan keaktifan fida dlm kepanitiaan2 di EM FAPERTA sudah jadi kredit point yang positif buat mengharumkan nama bangsa Sosek sebagai bangsa yang slalu meng-hegemoni dunia persilatan di Faperta Unibraw (weleh..weleh..weleh..kok aku jadi ngelantur ya?)
Last but not least,Aku seneng kowe mau gabung di blog ini,lebih suweeeneng lageh kalo mau berkontribusi posting tulisan.Naaah info dari Oom Rachman,email mu sudah di approve utk tampil sebagai salah satu tim Admin blog ini,so...kita semua ber H2C nih nunggu tulisanmu.He..he..he..
[Luqman]